Rabu, 12 September 2012

KEGIATAN PENUH KREASI Opening Ceremony TK, SD DAN SMP SANJAYA BANJARBARU :







Sebanyak 199 Siswa Disambut Perayaan Istimewa
   

 Pada hari Sabtu, 14 Juli 2012 yang lalu, sekitar pukul 08.00 Wita, halaman SMP Sanjaya telah hiruk pikuk oleh suara lagu-lagu yang dimainkan grup marching band yang mengisi perarakan siswa-siswi baru TK, SD dan SMP Sanjaya beserta para orang tuanya masing-masing menuju ke tengah lapangan. Di sela-sela barisan, tampil 6 orang siswi yang berdandan cantik bak putri dari negeri dongeng dengan pakaian warna-warni menyemarakkan suasana pagi itu.

Sebanyak 50 siswa baru TK, 73 siswa baru SD dan 76 siswa baru SMP berjalan berlahan-lahan dengan wajah ceria untuk selanjutnya bergabung dengan barisan kakak-kakak kelasnya pada deret masing-masing. Upacara Opening Ceremony-pun dimulai dan dipimpin oleh M. Hasan Tarigan, S.Pd. Dalam sambutannya mewakili Kepala Sekolah SMP Sanjaya, Hasan Tarigan berujar bahwa pelaksanaan Opening Ceremony kali ini adalah pelaksanaan kedua. Mengutip pernyataan Kepala SMP Sanjaya Sr. Hubertine Nino, SCMM setahun silam, Hasan Tarigan berujar, “Jika ada acara pelepasan siswa yang lazim diselenggarakan di sekolah-sekolah; tentu ada penerimaan siswa baru, dimana terjadi penyerahan siswa dari pihak orang tua kepada pihak sekolah.” Lebih lanjut Hasan Tarigan bertutur bahwa dibalik peristiwa ini ada hubungan emosional antara guru dan orang tua siswa.

Dalam kesempatan lain, Hasan Tarigan menggarisbawahi hubungan komunikasi antara guru dan orang tua siswa sebagai hal penting. “Bila ada masalah, sangat diharapkan kepedulian pihak orang tua untuk datang ke sekolah memenuhi panggilan Kepala Sekolah, terkait dengan anak yang dititipkannya kepada pihak sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar M. Sidik WS., S.Pd, MM berpesan kepada semua yang hadir agar menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi pendidikan anak, seraya tak lupa mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang sudah terjalin begitu baik antara SMP Sanjaya Banjarbaru dengan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru selama ini.

Selama ini dari proses evaluasi yang dilakukan oleh Disdik Kota Banjarbaru, bagi SMP Sanjaya kualitas adalah tradisi!” ucap M. Sidik bangga. “Kerjasama antara pihak yayasan dengan para guru, serta keterbukaan dengan para siswanya menjadi fokus perhatian. Yayasan secara terus-menerus memperbaiki pelayanannya dengan penuh kasih. SMP Sanjaya bukan hanya mencerdaskan otak para siswanya, tetapi juga watak mereka.

Sedangkan mewakili Pastor Paroki Bunda Maria Banjarbaru, Ketua Dewan Paroki Bunda Maria Banjarbaru Pius Kusdiarto berharap dengan adanya kegiatan Opening Ceremony ini para siswa baru dapat menggabungkan diri dengan siswa-siswa lainnya dan menjadi anak-anak yang cerdas dan siap menjadi pemimpin bangsa. “Dengan adanya karya pendidikan di TK, SD dan SMP Sanjaya, nama Paroki Banjarbaru juga akan ikut terangkat. Semoga yayasan yang menangani sekolah ini dapat maju terus dan berkembang.

Usai penyerahan secara simbolis siswa TK, SD dan SMP kepada masing-masing kepala sekolah oleh orang tuanya masing-masing, acara opening ceremony pagi itu dilanjutkan dengan pentas seni yang diisi dengan pertunjukan marching band, band siswa, dance siswa-siswa baru, kumpul bocah serta games mister & miss winter. Acara ditutup dengan makan siang bersama siswa, guru dan orang tua.
Setahun silam, kegiatan serupa dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tanggal 23 Juli 2011 dan dicetuskan oleh Sr. Hubertine, SCMM yang kala itu menjabat sebagai Kepala SMP Sanjaya Banjarbaru yang baru menggantikan Endah Wulandari, M.Pd pejabat sebelumnya.

Sejak awal berdirinya (1994 - 2012), sebanyak 661 orang telah tercatat sebagai siswa di SMP Sanjaya Banjarbaru, dimana pada tahun ini terjadi kenaikan jumlah penerimaan siswa baru di sekolah ini sebanyak 49% dari tahun sebelumnya. Hingga saat ini 14 angkatan telah berhasil diluluskan oleh satu-satunya SMP Katolik di kota Banjarbaru ini. Dengan dukungan jumlah tenaga guru sebanyak 12 orang dengan latar belakang pendidikan S1 dan S2, serta dibantu oleh tenaga administrasi sebanyak 4 orang menjadikan SMP Sanjaya bertekad untuk membangun karakter anak bangsa, sesuai dengan semboyan yang dicanangkan oleh sekolah ini yang kini genap berusia 18 tahun.
 
[reported & foto by : Dionisius Agus Puguh Santosa]

Tidak ada komentar: